Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang tinggi akan serat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Meskipun tidak seramai budidaya ikan lainnya, budidaya ikan gabus merupakan salah satu cara ternak ikan gabus yang cukup menjanjikan dalam industri perikanan.

Ikan gabus sendiri memiliki nilai jual yang sangat tinggi seperti pada jenis ikan air tawae lainnya. Perlu Anda ingat juga bahwa ada beberapa serat dan khasiat yang baik pada ikan gabus. Diantaranya adalah seperti adanya kandungan asam amino esensial maupun non esensial yang sangat baik untuk kesehatan.

Selain layak untuk dikonsumsi, masa panen dari ikan gabus sendiri ini pun cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan ikan jenis air tawar lainnya. Lantas, bagaimana proses budidaya ikan gabus yang menguntungkan?

Cara Ternak Ikan Gabus

Tahukah Anda bahwa ternyata ikan gabus ini memiliki manfaat yang cukup banyak nagi kesehatan, lho. Oleh sebab itu, mari disimak bersama bagaimana cara beternak ikan gabus melalui https://tipsbudidaya.com ini bagi para pemula.

  • Memilih Budidaya di Kolam Terpal

Sama seperti budidaya pada jenis ikan lainnya, penempatan budidaya ikan gabus pun juga menjadi pertimbangan yang penting. Tak hanya berkaitan dengan tempat sajam namun juga berkaitan dengan biota dan ekosistem dari kehidupan ikan gabus itu sendiri.

Oleh sebab itu, budidaya ikan gabus di kolam terpal merupakan pilihan yang sangat tepat. Ada beberapa faktor penentu dalam memilih penggunaan kolam terpal ini.

Diantaranya adalah kemudahan dalam mendapatkan saluran irigasi air. Faktor kestabilan suhu kolam yang tetap terjaga. Kolam tidak mudah berbau, proses panen yang mudah, dan jarang ditemukan penyakit pada ikan.

  • Tahapan Budidaya Ikan Gabus

  1. Pilih indukan

Sebelum menjalani proses budidaya ikan gabus, Anda haruslah memilih indukan berkualitas terlebih dahulu. Indukan ini terdiri dari indukan jantan dan betina yang berbeda karakteristik.

  1. Pilih pemijahan dan proses penetasan telur

Pemijahan merupakan proses penetasan telur bersama dengan induk sperma yang akan membuahi. Selama proses pemijahan, pastikan air tetap mengalir dan ditambah dengan tanaman air. Pastikan juga suhu kolam dalam posisi 28 derajat celcius.

  1. Perawatan larva ikan gabus

Perawatan ikan gabus terdiri atas 3 tahapan, yakni perawatan ketika usia 2 hari dengan memberikan artemia sebanyak 3 kali sehari, perawatan ketika umur 5 hari dengan memberi makanan tambahan seperti daphina.

Terkahir adalah tahap penebaran benih yang dilakukan apabila larva sudah berumur 2 minggu.

  1. Pemberian pangan secara rutin

Tidak hanya sekedar pellet, akan gabus juga bisa mengkonsumsi anakan rayap, ampasan daging, maupun ikan teri kecil. Apabila ikan gabus tidak diberi makanan, maka ikan gabus bisa memakan satu sama lain.

  • Proses Panen dan Jual

Setelah tahapan budidaya dilakukan, tahapan selanjutnya adalah proses panen dan penjualan hasil budidaya gabus. Tak hanya menjual ikan gabus dalam kondisi hidup, Anda juga bisa membuat gabus dalam satuan potongan dengan keuntungan yang lebih menjanjikan.

Pada umumnya, ikan gabus merupakan komoditas yang sangat laris di restoran Betawi, terlebih jika itu adalah ikan gabus pucung. Dapat disimpulkan bahwa budidaya ikan gabus merupakan salah satu jenis budidaya yang menguntungkan.

Tak hanya sekedar menjanjikan, peluang bisnis ikan gabus juga sangatlah tinggi. Terlebih banyak orang yang melakukan budidaya jenis ikan gabus ini di pasaran.