Microsoft Powerpoint tampil sebagai aplikasi bawaan dalam semua jenis komputer dan Laptop. Aplikasi ini sering digunakan untuk mempermudah berjalannya proses presentase. Tidak hanya menunjang para pengguna dengan konsep yang unik dan mudah, tetapi Microsoft Powerpoint mempunyai kelengkapan fitur yang semuanya menunjang kesempurnaan presentase. Meskipun tak semua detail harus diaplikasikan,  setidaknya Microsoft Powerpoint dengan standar tinggi akan mempermudah pemateri untuk menyampaikan semua informasi.

Mind map sendiri sering disebut peta pikiran yang nantinya akan bertugas meringkas setiap materi. Pemilihan jenis peta dan bentukannya bisa Anda sesuaikan dengan standar yang diinginkan. Biasanya para profesional lebih menyukai tampilan mind map yang sederhana dan mencakup materi dalam satu peta. Setelah itu, keterangan lebih lanjut dari peta ini akan dijelaskan lebih detail dengan strategi komunikasi para pembicara. Kenyataan ini secara langsung, membuat pengguna merasa bahwa mind map menggunakan Microsoft Powerpoint lebih mudah jika dibandingkan dengan metode lainnya.

Cara Mudah Membuat Mind Map di Microsoft Powerpoint

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa standar membuat materi menggunakan Micorosoft Powerpoint terbilang cukup mudah. Apalagi aplikasi ini sering terinstal di komputer, sehingga Anda tidak perlu melakukannya sendiri. Untuk mind map sendiri lebih mudah, sebab bentukan peta yang dibutuhkan berjajar begitu saja.

Anda bisa menentukan alat visual tersebut sesuai kebutuhan masing-masing. Setelah standar ini selesai, berikutnya Anda hanya perlu memastikan poin penting dalam setiap bagan. Bagi Anda yang masih merasa kurang paham tentang ketentuan ini, silakan akses neotekno.com untuk mendapat informasi lebih detail terkait hal tersebut. Nah, berikut basic dari pembuatan mind map di Microsoft Powerpoint:

  1. Buka aplikasi Microsoft Powerpoint

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah membuka aplikasi terkait. Setelah itu, Anda akan dibawa pada halaman pertama Microsoft Powerpoint. Lanjutkan proses dengan mengklik menu bar dan pilih slide baru. Berhubung pilihannya sangat bervariatif, Anda mesti menentukannya sesuai karakter mind map yang akan digunakan. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan tata letak kosong untuk menerapkan peta.

  1. Pilih bentuk peta

Anda tentu sudah sangat paham, bahwa peta pikiran dalam Microsoft Powerpoint tersedia dalam berbagai bentuk. Anda bisa menyesuaikan pilihan dengan banyaknya materi yang bakal dijelaskan. Sampai disini, silakan menekan tombol insert untuk menampilkan pilihan bentuk dari peta yang diinginkan.

  1. Lakukan penyesuaikan

Tahapan ini mengharuskan Anda melakukan beberapa standar penyesuaian. Mulai dari ukuran, warna, hingga besaran bentuk peta pikiran yang akan dijadikan acuan. Hal ini menjadi penting, sebab mind map memiliki keterkaitan dengan hasil akhir presentase. Sampai disini, Anda bisa menuliskan semua materi yang akan disampaikan.

Fungsi Dasar Microsoft PowerPoint

Micorosoft PowerPoint identik sebagai tampilan aplikasi yang merujuk pada kemudahan presentase. Berbeda dari Microsoft Word, aplikasi ini memberikan daya tarik lebih karena Anda bisa menggabungkan tulisan dengan berbagai fitur menarik. Penggunaannya semakin canggih, sebab peningkatan menu terus dilakukan. Hal itu yang juga membuat mind map menjadi salah satu poin yang sangat digemari oleh kalangan profesional untuk menjelaskan berbagai hal kepada orang dengan jumlah besar.

Kemampuan Anda berkomunikasi akan semakin dipermudah karena Microsoft PowerPoint menunjang pengguna dalam meringkat materi menjadi beberapa slide saja. Kabar yang tak kalah menyenangkan, aplikasi ini telah ditunjang oleh berbagai pilihan animasi unik.